Advertisement

Belajar Hidup Tantangan dan Peluang

 

Hidup adalah belajar. Belajar dengan lebih banyak diam, daripada lebih banyak bicara. Belajar bersabar dari sebuah kemarahan. Belajar mengalah dari sebuah keakuan. Belajar tersenyum dari suatu kesedihan. Belajar tegar dari suatu kehilangan.

Hidup adalah belajar. Belajar bersyukur, meskipun tak puas. Belajar ikhlas, meskipun tak rela.  Belajar taat, meskipun berat. Belajar memahami, meskipun tak sehati. Belajar sabar, meski terbebani. Belajar memberi, walaupun tak seberapa. Belajar mengasihi, meski tersakiti. Belajar tenang, meski gelisah. Belajar percaya diri, meski sulit. Belajar tabah, meski ujian banyak menerpa.

Tidak setiap saat hidup ini indah, kadang Tuhan menyapa kita melalui berbagai cara. Tetapi sesungguhnya Dia tidak pernah meninggalkan kita. Sebab itu belajarlah menikmati hidup ini dengan bersyukur.

Tidak semua yang kita harapkan bisa menjadi kenyataan, kadang Tuhan membelokan rencana kita karena tak sesuai dengan rencanaNya. Tetapi sesungguhnya itu lebih baik dari yang mampu kita rencanakan, sebab itu belajarlah menerimanya dengan ikhlas dan tetap bersukacita.    

Selama kita hidup ujian pasti datang dalam hidup kita, berusahalah untuk tidak dipengaruhi perasaan dengan larut dalam amarah, kesedihan, kekuatiran, ketakutan, menyalahkan orang lain atau diri sendiri dan berkata Tuhan tidak adil. Karena semua ujian itu tidak akan melampaui kekuatan kita. Belajar menghadapinya dengan sabar dan percaya.

Kita belajar bahwa tidak ada kejadian yang harus disesali dan ditangisi, karena semua adalah rancanganNya yang indah. Belajar bersabar, bersyukur dan bersukacita dalam segala perkara. Karena semua itu menyehatkan jiwa dan menyegarkan hidup.  

Ketika kaki sudah tak kuat berdiri, bersimpuhlah. Ketika tangan sudah tak kuat menggenggam, lipatlah. Ketika kepala sudah tak kuat ditegakkan, menunduklah. Ketika hati sudah tak kuat menahan kesedihan, menangislah. Ketika hidup sudah tak mampu untuk dihadapi, bersabarlah, berlututlah, berserah dirilah dan berdoalah. 

Tuhan selalu bersama kita dan apa saja yang kita minta dalam doa dengan penuh keyakinan, Dia akan mengabulkannya. Dengan syarat, kita harus percaya penuh kepadaNya.

Dia mendengar lebih dari yang kita katakan. Dia menjawab lebih dari yang kita minta. Dia memberi lebih dari yang kita inginkan. Karena di belakangmu ada kekuatan yang tak terhingga, dihadapanmu ada kemungkinan tanpa batas, disekitarmu ada kesempatan yang tiada akhir. Lebih dari itu, di atasmu ada Tuhan yang selalu menyertaimu. 

Posting Komentar

2 Komentar

  1. hidup untuk belajar dan belajar untuk hidup, ayo terus belajar sepanjang hayat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam blogger, salam persahabatan tanpo wates

      Hapus