Advertisement

Pembelajaran Hijaiyyah Kelas 1 Selasa 12 Januari 2021


 MODUL HIJAIYAH KE- 5 

SD MUHAMMADIYAH 1 KETELAN SURAKARTA 

TAHUN PELAJARAN 2020/2021 

Nama Lengkap : 

Nama Panggilan : 

Kelas : 1 

Nomor Absen : 

Semester : 2 

Tema/Sub Tema : tanda sukun 

Kompetensi Dasar : 1 siswa dapat membaca huruf-huruf hijaiyah bertanda sukun.

Pada kegiatan pembelajaran jarak jauh (pjj) di tengah Covid-19 semester II tahun ajaran 2020/2021, setelah melalui proses mengamati, menanyakan, mengeksplorasikan, mensosialisasikan dan mengkomunikasikan pembelajaran peserta didik mampu melafalkan huruf hijaiyah dan menghafalkan secara benar, fasih dan meyakini bahwa mempelajari al Qur’an adalah ibadah serta memiliki perilaku mencintai al Qur’an. I. 

PEMBELAJARAN KE- 1 dan KE-2 

Kompetensi Dasar (KD) 1. siswa dapat membaca huruf-huruf hijaiyah bertanda sukun 

2. siswa dapat melafalkan huruf-huruf bertanda sukun sesuai makharijul huruf dengan fasih dan benar 3. siswa dapat menulis huruf-huruf hijaiyah bertanda sukun sesuai kaidah penulisan yang benar 

Indikator 1. Menyebutkan huruf-huruf bertanda sukun sesuai makharijul huruf dengan fasih dan benar 2. Melafalkan huruf-huruf bertanda sukun sesuai makharijul huruf secara benar dan fasih 3. Menulis huruf-huruf bertanda sukun sesuai makharijul huruf secara benar dan fasih 

Sukun (ـْ (menunjukkan bacaan mati. Huruf hijaiyah yang diberi tanda sukun harus dibaca mati, tidak dibaca a, I, atau u, misalnya: س ْ ِل ْ ِ ج ل إ ْ ِس ْ أَ ر ْ ع َل م ْ ِ ن إ ُك ْ س ْ ُ أ Huruf yang dapat disukun hanya huruf yang berada di tengah dan di akhir kata. Huruf awal kata tidak dapat disukun. Huruf ق، ط، د، ج، ب yang mati dibaca melenting. Huruf-huruf ini disebut huruf qalqalah. Perhatikan 5 huruf di atas yang berada di tengah lafal maupun di akhir pada contoh berikut! Bacalah dengan melentingkan bunyi bacaannya.

#Tugas bagi yang dimodulnya belum di beri nama, dan lain sebagainya silakan ditulis!

Posting Komentar

0 Komentar