Advertisement

Rangkuman Soal Jawab

 


·       Siswa mampu menyebutkan banyak tanda baca dhammah di salah satu ayat pada Q.S. al maun

·       Siswa mengetahui macam tanda baca dalam huruf hijaiyah dan bunyinya

·       Siswa mengetahui macam tanda baca   dalam huruf hijaiyah dan bunyinya

·       Siswa mampu   menyebutkan jumlah harakat pada salah satu ayat pada surat at takatsur

 

1.              Surat al Ma’uun artinya barang yang  ... . berguna

2.              Surat al Ma’un adalah urutan surat ke ... . 107

3.              Surat al Ma’un terdiri dari ... ayat .   7

4.              Surat al Ma’un termasuk surat ... . makkiyah

5.              Tanda baca huruf hijaiyah yang berbunyi ”a” adalah … . fathah

6.              Tanda baca huruf hijaiyah yang berbunyi ”i” adalah … . kasrah

7.              Tanda baca huruf hijaiyah yang berbunyi ”u” adalah … .dhommah

8.              Dalam surat al Ma’un ayat ke-lima berikut terdapat tanda baca fathah sebanyak  ... .8

اَلَّذِيْنَ هُمْ عَنْ صَلاَتِهِمْ سَاهُوْنَ

9.              Dalam surat al Ma’un ayat ke-lima berikut terdapat tanda baca sukun sebanyak  ... .5

اَلَّذِيْنَ هُمْ عَنْ صَلاَتِهِمْ سَاهُوْنَ

10.            Dalam surat al Ma’un ayat ke-lima berikut terdapat tanda baca kasrah sebanyak ... .3

اَلَّذِيْنَ هُمْ عَنْ صَلاَتِهِمْ سَاهُوْنَ

11.             Al Qur’an memakai bahasa ... . arab

12.            Al Qur’an dapat menjadi obat … . manusia

13.             Surat at Takatsur terdiri dari ... ayat. 8

14.            Al fil artinya ... (gajah)

15.           Surat al Kafirun artinya … . (orang-orang kafir)

16.           Surat al Humazah artinya … . (pengumpat).


-      Menuliskan arti layyin
-      Menunjukkan huruf layyin pada tabel
-      Menyebutkan jumlah huruf layyin
-      Menuliskan huruf ya’ saakinah bila didahului fathah maka dibaca lunak mengandung bunyi
-       Menuliskan lafal رَيْبَ   dibaca layyin berbunyi
-      Menunjukkan layyin ya’saakinah yang benar pada tabel
-      Menunjukan lafal layyin au yang benar
-      Mengurai lafal خَوْفٌ bila dipisah
-      Menyambung lafal  نَ وْ مَ كُ مْ  bila disambung
-      Menunjukkan bunyi layyin au yang benar
-      Menuliskan bacaan layyin yang berbunyi ai di tengah ayat dibaca
-      Menyebutkan lafalاَيْنَماَ  dua huruf menyebabkan bunyi ai
-      Menuliskan bacaan layyin berbunyi au terjadi setelah fathah terdapat huruf
-      Menuliskan huruf yang mengandung bacaan layyin pada lafal فِرْعَوْنَ
-      Menjelaskan pengertian bacaan layyin
-      Menyambung huruf-huruf layyin ai
-      Menyambung huruf-huruf layyin au
Mengurai huruf-huruf layyin sesuai aslinya
-      Menyebutkan nama lain syaddah
-      Menunjukkan tanda syaddah yang benar
-      Menuliskan penulisan syaddah yang benar Menunjukkan lafal قَدَّمَ yang menggunakan syaddah
-      Menunjukkan lafal syaddah yang benar pada tabel
-      Menunjukkan cara membaca huruf yang bertasydid
-      Menuliskan lafal يُكَوْوِنُ  ditulis dengan benar
-      Menunjukkan اِيَّاكَ نَعْبُدُ وَاِيَّاكَ نَسْتَعِيْنُ yang berharakat syaddah
-      Menuliskan Lafal  أَمَّاapabila dibaca menjadi
-      Menuliskan lafal Kulli bentuk arabnya
-      Menunjukkan baca syaddah pada lafal كَفَّرَ
-      Menuliskan نَفَّسَ jika ditulis latin
-      Menuliskan latin سَ مْ مَ   apabila disyaddah
-      Menuliskan harakat tasydid
-      Menunjukkan huruf   فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْyang berharakat syaddah
-      Menyempurnakan dengan menggunakan syaddah sehingga sesuai aslinya حَ جْ جَ
-      Menuliskan جَنَّبَ dengan latinnya


Posting Komentar

0 Komentar