· Siswa mampu
menyebutkan banyak tanda baca dhammah
di salah satu ayat pada Q.S. al maun
· Siswa mengetahui macam
tanda baca dalam huruf hijaiyah dan bunyinya
·
Siswa mengetahui macam tanda baca dalam huruf hijaiyah dan bunyinya
·
Siswa
mampu menyebutkan jumlah harakat pada
salah satu ayat pada surat at
takatsur
1.
Surat al Ma’uun
artinya barang yang ... . berguna
2.
Surat al Ma’un
adalah urutan surat ke ... . 107
3.
Surat al Ma’un
terdiri dari ... ayat . 7
4.
Surat al Ma’un
termasuk surat ... . makkiyah
5.
Tanda baca huruf
hijaiyah yang berbunyi ”a” adalah … . fathah
6.
Tanda baca huruf
hijaiyah yang berbunyi ”i” adalah … . kasrah
7.
Tanda baca huruf
hijaiyah yang berbunyi ”u” adalah … .dhommah
8.
Dalam surat al
Ma’un ayat ke-lima berikut terdapat tanda baca fathah sebanyak ... .8
اَلَّذِيْنَ هُمْ عَنْ صَلاَتِهِمْ سَاهُوْنَ
9.
Dalam surat al
Ma’un ayat ke-lima berikut terdapat tanda baca sukun sebanyak ... .5
اَلَّذِيْنَ
هُمْ عَنْ صَلاَتِهِمْ سَاهُوْنَ
10.
Dalam surat al Ma’un ayat ke-lima
berikut terdapat tanda baca kasrah sebanyak ... .3
اَلَّذِيْنَ
هُمْ عَنْ صَلاَتِهِمْ سَاهُوْنَ
11.
Al Qur’an
memakai bahasa ... . arab
12.
Al Qur’an dapat menjadi obat … . manusia
13.
Surat at
Takatsur terdiri dari ... ayat. 8
14.
Al fil
artinya ... (gajah)
15.
Surat al Kafirun artinya … .
(orang-orang kafir)
16.
Surat al Humazah artinya … .
(pengumpat).
-
Menuliskan arti layyin
-
Menunjukkan huruf layyin pada tabel
-
Menyebutkan jumlah huruf layyin
-
Menuliskan
huruf
ya’ saakinah bila didahului fathah maka dibaca lunak mengandung bunyi
- Menuliskan
lafal رَيْبَ dibaca layyin berbunyi
- Menunjukkan layyin ya’saakinah
yang benar pada tabel
-
Menunjukan lafal layyin
au yang benar
-
Mengurai lafal خَوْفٌ bila dipisah
-
Menyambung
lafal
نَ
وْ مَ كُ مْ bila
disambung
-
Menunjukkan bunyi layyin au
yang benar
-
Menuliskan bacaan layyin yang
berbunyi ai di tengah ayat dibaca
-
Menyebutkan lafalاَيْنَماَ dua
huruf menyebabkan bunyi ai
-
Menuliskan bacaan layyin
berbunyi au terjadi setelah fathah terdapat huruf
-
Menuliskan huruf yang mengandung
bacaan layyin pada lafal فِرْعَوْنَ
-
Menjelaskan pengertian bacaan
layyin
-
Menyambung
huruf-huruf layyin ai
-
Menyambung huruf-huruf layyin
au
Mengurai huruf-huruf layyin sesuai aslinya
-
Menyebutkan
nama lain syaddah
-
Menunjukkan
tanda syaddah yang benar
-
Menuliskan
penulisan syaddah yang benar Menunjukkan lafal قَدَّمَ yang menggunakan syaddah
-
Menunjukkan
lafal syaddah yang benar pada tabel
-
Menunjukkan
cara membaca huruf yang bertasydid
-
Menuliskan
lafal يُكَوْوِنُ ditulis dengan benar
-
Menunjukkan
اِيَّاكَ نَعْبُدُ
وَاِيَّاكَ نَسْتَعِيْنُ yang berharakat syaddah
-
Menuliskan
Lafal أَمَّاapabila dibaca
menjadi
-
Menuliskan
lafal Kulli bentuk arabnya
-
Menunjukkan
baca syaddah pada lafal كَفَّرَ
-
Menuliskan
نَفَّسَ jika ditulis latin
-
Menuliskan
latin سَ
مْ مَ
apabila disyaddah
-
Menuliskan
harakat tasydid
-
Menunjukkan
huruf فَصَلِّ لِرَبِّكَ
وَانْحَرْyang berharakat
syaddah
-
Menyempurnakan
dengan menggunakan syaddah sehingga sesuai aslinya حَ جْ جَ
-
Menuliskan
جَنَّبَ dengan latinnya
0 Komentar